PRO KONTRA SELAMA HIDUP

Oleh : Teguh Sunaryo

Direktur DMI PRIMAGAMA INDONESIA

PENGANTAR

Hidup adalah pilihan, karena pilihan itulah maka bisa muncul perbedaan, dan karena perbedaan itulah maka dimungkinkan muncul kreasi dan inovasi. Namun tidak jarang diantara kita tidak cukup memiliki kesiapan mental dalam menyikapi perbedaan hidup (perbedaan pilihan). Dampaknya bisa dilihat adanya diskusi menjadi debat, debat menjadi marah, marah menjadi caci maki, caci maki menjadi benci, dan benci menjadi anarki. Sebenarnya itu tidak perlu terjadi jika semua dalam bingkai etika (kebaikan) dan memahami esensi pro kontra. Ada beberapa pro kontra yang terjadi sejak dari dulu, dan itu menjadi hal yang alami sampai sekarang yang tidak mungkin untuk dihilangkan. Semoga tulisan ini mampu menginspirasi munculnya suatu kearifan bersama.

PRO KONTRA AGAMA DAN KEYAKINAN

Agama, adalah suatu bentuk keyakinan tertinggi yang dimiliki oleh peradaban manusia. Dalam kenyataannya tidak semua orang punya pilihan yang sama terhadap tawaran agama yang ada. Bahkan dalam (include) keyakinannya pun diberikan kebebasan untuk memilih. Jika Tuhan sang pemilik dan pencipta agama saja memberikan kebebasan untuk memilih, apakah manusia akan memaksakan pilihan terhadap apa yang bukan menjadi miliknya ? Keyakinan terhadap agama yang berbeda-beda saja kita bisa menerima, apakah terhadap pilihan yang levelnya lebih rendah dari agama kita akan menafikkannya ? Jadi sangatlah jelas bahwa dalam beragama pun ada pro kontra, jangankan beda agama, dalam agama yang sama pun ada beda aliran bukan ?

PRO KONTRA KELOMPOK DAN KATA-KATA

Tidak ada manusia yang tidak berkelompok, tidak ada yang bisa hidup menyendiri tanpa bantuan orang lain (baik dari keluarga sendiri atau pihak lainnya, secara langsung maupun tidak langsung). Tidak ada orang yang tidak berkomunitas, tidak ada orang yang tidak berjama’ah. Itulah faktanya bahwa manusia selalu hidup berkelompok, dan dalam kelompok itu pasti ada perbedaan, dan karenanya akan muncul adanya kelompok yang lainnya. Itu artinya ada pro dan kontra dalam berkelompok. Bahkan dalam simbol berbahasa pun ada pro dan kontra. Adanya kata-kata seperti :  Saya – Anda; Kami – Kamu; Kita – Mereka; adalah bukti nyata bahwa ada yang berbeda, baik beda keadaan, beda status, beda posisi, beda letak, beda kepentingan dan beda-beda yang lainnya.

PRO KONTRA CARA PANDANG DAN PIKIRAN

Manusia adalah makhluk yang berpikir, dan pikiran manusia pun berbeda-beda. Sejak dahulu pun beda pemikiran sudah muncul. Ada yang rasionalis, ada yang empiris, ada yang dogmatis bahkan ada yang mistis. Ada yang deduktif dan ada yang induktif, ada yang generalis dan ada yang spesialis. Ada yang teoritis dan ada yang praktis. Ada tesa, antitesa dan sintesa. Dari cara pandang yang berbeda itulah akan lahir cara hidup dan gaya hidup yang berbeda pula.

PRO KONTRA KENYATAAN DAN TINDAKAN

Manusia adalah makhluk yang berbudaya, dan setiap negara selalu akan mempertahankan kekhasan setiap budayanya. Dengan demikian akan semakin nyata beda gaya, beda keadaan dan beda cara hidupnya. Dan itu ada dalam kenyataan hidup sehari-hari. Cara makannya, apa yang dimakannya, dan bagimana cara membuat makanannya. Cara berpakaiannya, cara mengenakannya, dan cara mengkonsepkannya (designnya). Ada gaya hidup dan budaya ”hedonisme dan materialisme”, tetapi juga ada gaya hidup dan budaya ”humanisme dan spiritualisme”.

PRO KONTRA ANTARA TRADISI DAN INOVASI

Nilai-nilai baru muncul karena adanya nilai-nilai lama yang terus menerus perlu adanya penyesuain. Nilai-nilai lama yang tidak berubah adalah nilai-nilai kebaikan universal. Sedangkan nilai-nilai instrumentasi, nilai-nilai budaya, terus menerus melakukan tawar menawar antara nilai lama dengan nilai baru. Teknologi sebagai karya manusia sebagai bagian dari nilai intrumentasi selalu melakukan pembaharuan melalui kreasi dan inovasi, yang kesemuanya senantiasa diarahkan pada azas kemanfaatan, kebaikan, kemudahan dan peradaban. Tidak ada kehidupan yang tidak disentuh oleh teknologi, karena kehadirannya selalu membawa kemudahan dan kemanfaatan. Nah anda akan memakai tradisi atau inovasi ? Anda akan menjadi manusia modern atau manusia kuno ? Pilihlah jalan hidup dan cara hidup secara cerdas, cermat, arif dan bijaksana.

HIKMAH DAN KESIMPULAN

Dari beberapa paparan tersebut dapatlah dipetik hikmah dan kesimpulan bahwa hakikat kehidupan adalah perbedaan dan pilihan, kesejahteraan dan kedamaian, kebersamaan sekaligus keberagaman, kemanfaatan dan keikhlasan, termasuk ikhlas untuk berbeda. Nabi Adam yang satu pun melahirkan anak cucu yang berbeda-beda, dan itu adalah kita. Setidaknya walau beda agama masih ada sama keturunan Adamnya, walau mungkin merasa beda keturunan nabi Adamnya masih ada samanya yaitu sama-sama manusianya. Sejauh tidak mencuri, sejauh tidak mengintimidasi, sejauh tidak membunuh, sejauh tidak mengambil hak orang lain, sejauh tidak mengusik ketenangan yang lain dan sejauh tidak anarkis, maka bagimu agamamu bagiku agamaku, bagimu pekerjaamu bagiku pekerjaanku, bagimu amalanmu bagiku amalanku. Perbedaan adalah fakta, pro kontra adalah hal biasa. Semua dari Tuhan dan semua akan kembali kepada Tuhan, maka sebelum kembali itulah sebaiknya kita berkarya menciptakan manfaat yang seluas-luasnya dan yang sebesar-besarnya untuk kesejahteraan, kenyamanan, perdamaian dan peradaban makhluk bernama manusia. Sesungguhnya setiap anak adam adalah bersaudara. Terimakasih.

—————————————————————————————

Tulisan ini dipersembahkan oleh :

Manajemen PT. DMI INDONESIA

(Under Lisence Brainy Lab. PTE. LTD. Singapore & Colaboration With Comcare Group Singapore)

—————————————————————————————

Kantor Pusat DMI :

GRAHA POGUNG LOR

No : 2 – 4 lantai 1

Jl. Ring Road Utara Pogung Lor Yogyakarta

Telp : 0274 – 625 168 ; 530 6600 ; 530 6601

Fax : 0274 – 530 6602

CP : Eko : 085 328 012345 ; Teguh : 085 643 383838

E-mail : teguh@dmiprimagama.com

—————————————————————————————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: