Pendidikan

Pendidikan adalah bagian dari proses pemberdayaan manusia. Ada tiga macam proses pemberdayaan manusia, yaitu pendidikan (afeksi-attitude), pelatihan (psikomotori-skill)  dan pengajaran (kognisi-knowledge).

Ada tiga pilar pendidikan yaitu informal (dalam keluarga oleh orangtua), nonformal (dalam masyarakat oleh penyelenggara kursus) dan formal (dalam sekolah oleh para guru).

Efektifitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh bagaimana racikan atau komposisi atau formulasi antara afeksi, psikomotori dan kognisi. Setiap bakat anak berbeda maka kebutuhan akan afeksi, psikomotori dan kognisinya pun berbeda-beda. Karenanya pendidikan yang bersifat massal tidak akan efektif. Bakat bersifat personal bukan kolegial, karena proses pendidikan adalah memberdayakan potensi atau bakat seseorang – dimana bakatnya berbeda-beda – maka mestinya dalam proses pembelajaran pun setiap anak harus diperlakukan berbeda-beda pula. Anak berjiwa, dan bukan buatan pabrik yang serba seragam, maka pendidikan yang serba massal dan serba seragam tidak akan pernah efektif, andaipun ada siswa yang berhasil (sukses dalam hidupnya) hanya segelintir orang saja, dan prosentasenya teramat kecil dan tidak patut untuk dibanggakan.

—————————————————————————————

Terimakasih telah mempercayakan tes bakat putra-putrinya kepada kami

—————————————————————————————

Kenali bakat anda (atau anak anda) melalui fingerprint test DMI Primagama sekarang juga !

—————————————————————————————

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: